5 Makanan yang Menimbulkan Bau Badan

No Comments
Makanan yang Menimbulkan Bau Badan
Sebagian dari kita memiliki masalah bau badan. Berbagai jens deodorant dan parfum mungkin digunakan untuk menghilangkan bau yang kurang enak aromanya. Sayangnya, hal tersebut tidak berhasil. Tahukah kita bahwa makanan yang kita konsumsi ternyata mempengaruhi bau badan? Berikut ini adalah beberapa makanan yang menimbulkan bau badan tak sedap serta tips untuk menghilangkannya:

1. Daging merah
Tahun 2006, peneliti dari Republik Ceko mengumpulkan sampel keringat dari orang yang makan daging dan orang yang vegetarian. Kemudian, sekelompok wanita diminta untuk mengidentifikasi bau yang paling tidak enak atau tidak sedap. Hasilnya adalah orang yang vegetarian ternyata memiliki bau badan yang lebih baik dan memikat daripada mereka yang pemakan daging.

Untuk mencegah potensi bau, sebaiknya kurangi asupan daging merah. Kita bisa menggantinya dengan makanan laut atau sayuran yang lebih sehat pula.

2. Kari
Rasa kari atau gulai ayam memang begitu nikmat. Namun, aroma rempah-rempah yang terdapat pada kari ternyata akan membuat rumah sendiri di dalam pori-pori kita. Inilah yang kemudian memunculkan bau kurang sedap pada tubuh. Untuk mendapatkan aroma tubuh yang lebih segar akibat kari, kita bisa mencoba bibit aromatik dari kawanan jahe.

3. Bawang putih
Bumbu masak yang satu ini sudah diketahui sejak lama dapat menciptakan bau badan yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin, serta senyawa sulfur lainnya yang disebut allin. Allicin dengan cepat terurau setelah dikonsumsi dan mengubah zat lain yang menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat, dan menghasilkan bau tak sedap yang kuat.

Baca juga: Cara Mengobati Kudis dan Kurap

Jika masalah bau badan akibat bawang putih, kita dapat mengoleskan cuka putih atau sari buah apel pada ketiak.

4. Sayur asparagus
Sayur asparagus akan menyebabkan bau urin, karena senyawa sulfur mercaptan terurai di dalam sistem pencernaan. Namun, ada pula yang setelah mengonsumsi asparagus tidak mendapati urin yang tidak berbau. Hal tersebut karena tubuh tidak memiliki enzim untuk menghancurkan mercaptan.Sayur asparagus bisa diganti dengan paprika panggang untuk dikonsumsi, sehingga tidak menimbulkan bau tak sedap.

5. Sayuran silang
Brokoli dan kubis termasuk dalam kategori sayuran silang. Sayuran ini memang memberikan nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan sel karsinogenik. Namun, ternyata sayuran silang juga mengandung sulfur, sehingga bertanggung jawab atas bau badan yang tak sedap.

Mengonsumsi sayuran memang penting untuk kesehatan, kita bisa mengganti sayuran hijau lainnya jika ingin membatasi asupan brokoli dan kubis. Jangan lupa, untuk sedikit mengurangi efek bau dari sayuran, sebelum benar-benar dimasak, rebuslah sayur sebentar.

Bau badan menjadi salah satu cerminan diri kita. Terlebih lagi jika kita akan bertemu banyak orang, maka penampilan termasuk aroma tubuh menjadi hal yang harus diperhatikan. Sekarang kita tahu apa saja makanan yang menimbulkan bau badan tak sedap serta tips untuk menghilangkannya.