10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

No Comments
Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan
Dengan ciri khas rasa pahit, manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh tidak lah sedikit dan main-main. Banyak produk obat herbal yang berbahan dasar daun kates dengan beragam kegunaan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Contoh nyata penggunaan daun ini untuk mengatasi masalah kesehatan secara alami adalah mengurangi nyeri haid, menghilangkan jerawat di wajah dan lain sebagainya.

Selain daun nya berkhasiat, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan tubuh serta menghaluskan kulit wajah dan bijinya berguna sebagai bahan alami penghitam rambut.

Inilah Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Obat Penambah Nafsu Makan
Untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan, campur kan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian saring airnya dan minum air saringan tersebut. Cara ini juga dapat digunakan pada anak yang susah makan.

Melancarkan Pencernaan
Cukup mengkonsumsi rebusan daun ini atau diolah menjadi tumis sayur maka anda akan mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari masalah gangguan pencernaan makanan.

Mengobati Nyeri Saat Haid
Bagi anda wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan rasa nyeri secara mudah dan aman, cobalah ramuan tradisional daun kates. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus sampai matang. Minum air ramuan tersebut.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Menghilangkan Jerawat Di Wajah
Cara alami mengobati jerawat menggunakan daun ini adalah tumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya, campurkan sedikit air hangat lalu oleskan ramuan tersebut pada daerah wajah berjerawat. Diamkan 20 – 30 menit baru kemudian cuci muka anda dengan air bersih.

Mencegah Penyakit Kanker
Mengkonsumsi masakan daun pepaya secara teratur terbukti berkhasiat melawan penyakit kanker. Kandungan getah putih yang ada di dalamnya merupakan zat anti-kanker.

Mengempukkan Daging
Manfaat lain daun ini adalah membuat daging lebih epuk. Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun kates lalu diamkan beberapa saat kemudian baru dimasak.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Khasiat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.

Mengobati Demam Berdarah
Untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun tersebut secara teratur sampai demam berdarah sembuh.

Melancarkan ASI Ibu Menyusui
Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami. Siapkan 5 lembar daun muda kemudian letakkan di atas api sampai daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali bagian puting.

Memperkuat Tulang Dan Gigi
Konsumsi sayur daun pepaya secara teratur dapat memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan alaminya dipercaya bisa membuat gigi lebih kuat dan tulang lebih sehat.