9 Tanda Dari Penyakit Asma

No Comments
9 Tanda Dari Penyakit Asma
Asma merupakan penyakit kronis saluran udara di dalam tubuh yang dapat terjadi pada waktu tertentu di dalam hidup kita. Penyakit ini disebabkan karena faktor genetik dan lingkungan. Gejala asma cukup umum, seperti batuk, sesak napas, dan sesak dada. Namun, untuk lebih lanjutnya berikut ini adalah 9 tanda bahwa kita terkena asma:

1. Batuk kronis
Batuk menjadi salah satu bentuk umum dari sebuah penyakit, termasuk asma. Batuk adalah prose salami dari tubuh untuk menyingkirkan iritasi, lendir, atau asap dari tenggorokan. Namun jika kita mengalami batuk yang terus-menerus atau jangka panjang, maka sebaiknya kita segera periksa ke dokter karena ini dapat menjadi tanda dari asma.

2. Bronkitis
Bronkritis adalah salah satu gangguan pernapasan dan ini terjadi karena saluran bronchial membengkak atau meradang, sehingga menghalangi udara di antara hidung dan paru-paru. Seseorang yang menderita bronkitis tidak dapat menghirup napas dengan benar dan memiliki efek buruk pada paru-parunya. Seorang anak yang menderita bronkitis memiliki kecenderungan menderita asma ketika besar nanti. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat pada waktu mengalami bronkitis.

3. Iritasi tenggorokan
Iritasi pada tenggorokan umumnya disebabkan karena cuaca dingin, batuk, atau virus. Namun, jika iritasi pada tenggorokan in berlanjut dalam waktu yang lama, maka harus dicurigai ini sebagai gejala dari asma.

4. Bersin terus menerus
Bersin yang terus menerus atau dalam jangka waktu yang lama juga dapat menjadi gejala dari asma. Jika tidak segera ditangani, bersin terlalu lama akan berbahaya bagi paru-paru.

5. Bersin dan batuk setelah berolahraga
Ketika berolahraga dan kita mendapati batuk-batuk atau bersin, kita harus waspada karena bisa saja itu adalah tanda dari asma. Segera periksa ke dokter dan jika ini terus berulang, pastikan untuk mengurangi sesi olahraga atau tidak berolahraga yang terlalu berat.

6. Dada sesak
Dada terasa sesak menjadi tanda utama dari asma dan jika kita sering merasa dada menjadi berat atau sulit saat bernapas, maka ini menjadi tanda yang buruk pada tubuh. Gejala sesak pada dada paling sering menjadi awal dari penyakit asma.

7. Kelelahan
Sering lelah juga dapat menjadi tanda dari asma. Saluran udara pada tubuh mungkin membengkak, yang kemudian kesulitan dalam bernapas. Kelelahan ekstrim atau sering terjadi harus segera diperiksakan pada dokter.

8. Terbatuk di malam hari
Ketika tidur di malam hari, secara alami saluran udara menjadi sempit dan ketika kita menderita asma, maka saluran udara akan menjadi semakin sempit dan kemudian menimbulkan batuk berulang setiap malam. Salah satu tanda yang paling umum dalam kasus ini adalah kita terbatuk dan harus terbangun untuk terus melanjutkan batuk.

9. Kehilangan suara
Tahap lanjutan dari asma adalah seringnya suara kita menghilang saat berbicara dari biasanya, seperti suara serak.

Semua tanda di atas bukan merupakan urutan terkena asma. Setiap orang memiliki gejala yang berbeda dari penyakit asma ini. Ada orang yang tidak peduli dengan gejala yang muncul dalam jangka panjang dan ada pula yang hanya mengalami sedikit gejala, namun langsung menderita asma buruk.

Asma dapat disembuhkan dengan berbagai cara untuk menjaga dan mengontrol gangguan nya. Hal yang penting adalah menjalani pola hidup sehat. Dan itulah tadi 9 tanda dari penyakit asma. Mulailah untuk mengenali gejalanya agar mendapati penanganan tepat waktu.